Ganasnya ASUS ROG Phone 6 Series Taklukkan Baphomet di Rune Midgard

Beberapa helai rambutnya basah karena keringat, badannya membungkuk dan terengah-engah. Lelaki yang berdiri di depannya mematung dengan ekspresi kebingungan. Mungkin ia heran, apa yang membuat wanita di depannya ini lari sampai sebegitunya?

Cepetan! Kamu ditungguin sama anak-anak. Itu kota udah dikepung sama monster!

Kata wanita itu sambil menghela keringat yang menetes ke dahinya. Sang lelaki masih nampak bingung. Namun dengan cepat, si wanita menggandeng tangan lelaki yang masih berdiri mematung dengan tas ransel di pundak kanannya.

Sang lelaki berlari mengikuti ritme langkah si wanita, entah lari kemana. Kota sudah terkepung, katanya?

Ternyata mereka berdua mampir ke sebuah cafe yang sepi dengan tanda Free WiFi di salah satu neon boxnya. Lalu segera mengeluarkan ponsel masing-masing dari dalam tas. Sang wanita bilang tidak ada waktu untuk menjelaskan, “mending kamu langsung online aja deh! Buruaaan!”

gaming

Seolah tersadar dari mimpi panjang, sang lelaki segera melakukan perintah si wanita. Tak butuh waktu lama, mereka pun tenggelam dalam dunia Rune Midgard. Dunia yang sebenarnya sudah lama ditinggalkan oleh sang lelaki karena pekerjaan. Namun, tiba-tiba saja wanita yang pernah membuat hatinya berdebar itu datang meminta bantuan untuk menyelamatkan kota dari serangan monster.

Rune Midgard, Baphomet, dan Ragnarok Eternal Love

Sang lelaki itu dijuluki “King” di dunia Rune Midgard. Dunia yang menjadi pusat dari Ragnarok, sebuah game Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) yang dibuat sejak tahun 2000-an kala itu. Konsep dan artworknya dibuat oleh Lee-Myoung Jin, meskipun kita harus merogoh kocek untuk bisa memainkannya, tapi siapa sangka ada lebih dari 10.000 pemain di setiap servernya, dan ada 5 server di sana. Bukti bahwa mereka tak keberatan sekalipun harus membayar 8ribu rupiah untuk 10 jam, 35ribu rupiah untuk satu minggu di tahun 2000an kala itu.

Mungkin kalau sekarang nilainya setara dengan satu bungkus nasi untuk bisa bermain selama 10 jam. Lumayan sih ya.. lumayan menguras isi dompet apalagi jika masih mengharapkan uang saku dari orang tua.

Ketika ada 10.000 pemain dalam satu server, bisa dibayangkan sesibuk apa dan sebanyak apa data yang perlu kita unduh dalam satu waktu. Seberat apa mesin komputer yang bekerja saat itu.

ragnarok online
tampilan Ragnarok Online dengan kondisi super crowded dalam satu layar/map

Kini, Ragnarok bisa dimainkan melalui gawai. Tentu saja membutuhkan kapasitas yang besar, sedikitnya ada 4Gb data yang harus didownload di handphone. Bayangkan saja ya beratnya seperti apa. Belum lagi jenis-jenis monster yang ada di dalamnya sangat banyak. Jika dimasukkan ke dalam buku ensiklopedia, ada sekitar ratusan monster dengan nama, kemampuan, level, dan kekuatan yang berbeda-beda.

Salah satu monster yang digadang-gadang sebagai monster terkuat di Rune Midgard Ragnarok Online adalah Baphomet. Dalam komik Ragnarok, Baphomet dibuat untuk menghancurkan kehidupan manusia di Rune Midgard. Baphomet adalah monster terakhir yang harus dilawan.

Baphomet menjadi salah satu karakter paling mengerikan yang ada dalam Ragnarok. Karakter ini digambarkan seperti kambing yang membawa sabit yang sangat besar. Dia juga sekaligus menjadi karakter gelap dalam game Ragnarok. Baphomet mempunyai level yang sangat tinggi. Inilah yang membuatnya menjadi monster yang sulit dikalahkan.

Kehadiran lelaki bernama “King” yang disebut sebagai pemimpin Guild (kelompok) di Ragnarok dipercaya sebagai karakter yang kuat, punya jiwa kepemimpinan, memiliki banyak (pengikut), punya pengaruh, sehingga diharapkan Baphomet bisa bersama-sama ditaklukkan oleh seluruh penduduk Rune Midgard di dunia Ragnarok dengan dipimpin oleh “King”.

Pertempuran yang sengit antara Baphomet dan karakter-karakter di dalam game tersebut membawa semangat dan gairah lelaki yang duduk sambil memegang gawainya dengan serius. Mata dan kedua tangannya terpaku pada layar gawai di depannya.

Lalu tiba-tiba..

Ttteeeerrrttttt….

Gawai yang dipegangnya tiba-tiba mati. Total. Layarnya gelap, gawainya panas hingga tangannya berkeringat. Ia terduduk lemas melihat gawainya yang tiba-tiba mati lalu menyala lagi setelah beberapa detik. Tiba-tiba ngerestart sendiri dooongg.

Padahal tinggal tebas kepalanya Baphomet doang lho tadiiiiiii

Ucapnya kesal sambil mengusap-usap kepalanya sendiri dengan kasar. Wanita di depannya masih terpaku, tak percaya bahwa usahanya yang sedikit lagi berhasil ini ternyata dikalahkan dengan gawai yang tiba-tiba ngerestart sendiri. 

Yah gimana sih, mudah-mudahan aja Baphometnya kalah daah. Lagian, handphone begitu kenapa masih dipake sih? Udah tahu main RO bakal berat masih aja pakai yang begitu

Wanita di depannya menggerutu, misinya hari itu sia-sia untuk menaklukkan Baphomet, monster MVP di dunia Rune Midgard. Namun sang lelaki tak mau kalah berargumen,

Yah udah tahu handphone-ku buluk masih aja diajakin main, masih nabung ini buat beli ASUS ROG Phone 6, biar lawan Baphomet ngga pake acara begini.. makanya sabar, orang kerja jangan malah diajakin main!

Si wanita hanya nyengir.

asus rog phone 6

Gawai Ngerestart Sendiri, Apakah Rune Midgard Terselamatkan?

Berpikiran maju adalah nilai inti dalam gaming. Untuk menumbangkan, untuk menyatukan dua nilai, dan untuk menentang: ini adalah cara-cara gamers untuk mewujudkan identitas sesungguhnya di dunia virtual

– Republic Of Gamers –

Teman-teman pernah ngga sih mengalami cerita seperti di atas? Sudah enak-enak main, tapi karena durasi ngegame yang tidak bisa diprediksi, apalagi game petualangan macam Ragnarok Online atau Mobile Legends yang baru bisa keluar setelah musuh dikalahkan, tentu handphone harus dalam kondisi fit (iya udah kayak tubuh manusia aja). 

Apa yang terjadi jika baterainya cepat panas? Ya ngehang, jadinya handphone ngerestart sendiri, lalu saat sudah kembali login ke dalam permainan, karakter kita sudah mati, musuh sudah menghilang. Kecewa kan? Jelas.

Atau game semacam Ayodance Mobile yang grafiknya ngga kaleng-kaleng, loading gambarnya yang imut dan lucu tidak cukup jika menggunakan handphone biasa yang ngakunya handphone gaming. Jadi ya begitulah, kadang ngelag, kadang suaranya pecah, dan tidak jarang handphone ngerestart sendiri, dan itu bagian yang paling menyesakkan menurut saya.

Oleh karena itu saya merekomendasikan ASUS ROG Phone 6 yang bisa menanggung semua beban itu.

investasi digital bersama asus

Bagi sebagian orang mungkin beranggapan bahwa, halah game doang ini, mati ya udah kan ngga mati beneran? atau, halah game doang ini, kan bisa diulang. Kehilangan monster bisa dicari, iya kalau kehilangan jodoh, baru deh itu pantes ditangisin.

Bagi gamers, tentu saja tidak bisa begitu.

Karena buat saya pribadi, Ragnarok Online, Ayodance Mobile dan beberapa game lain adalah salah satu game yang memengaruhi hidup saya. Dari game tersebut saya bisa punya teman dari berbagai penjuru kota di Indonesia, bahkan sampai sekarang kami masih saling bertukar kabar. Saya bisa mendapatkan uang beneran juga dari game-game itu. Bahkan tidak jarang lho yang mendapatkan pasangan dari game, beberapa kawan saya sudah membuktikannya. Oleh karena itu game-game tersebut menurut saya tidak hanya menarik, tapi juga punya peran besar di salah satu momen dalam hidup saya.

Jadi sebenarnya bukan soal apakah Rune Midgard terselamatkan. Namun lebih pada bagaimana seorang pemimpin Guild (kalau blogger namanya komunitas kali yah) bisa bertanggung jawab atas anak buahnya dan pada pertempuran yang telah dimulainya.

Melalui game ini kita berlatih gerak motorik, mempertajam gerak refleks, belajar Bahasa Inggris, hingga melatih jiwa kepemimpinan dan juga berorganisasi. Jadi bukan hanya kesenangan belaka dan semata agar Rune Midgard selamat hehehe..

Oleh karena itu penting bagi gamers memiliki gawai yang ganas dan “kuat” menanggung beban game yang kamu mainkan. Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki ASUS ROG Phone 6. Harga dari ASUS ROG Phone 6 Series ini mulai dari Rp10.999.000 saja.

Apakah mahal? Sebenarnya relatif, tergantung dari mana kita melihat “nilai barang” tersebut. Kalau dipakai untuk ngegame yang bisa mendatangkan uang, membuat video untuk pekerjaan hingga foto-foto yang punya “nilai jual”, saya pikir harga tersebut masuk akal dan bisa diterima oleh para pekerja kreatif kok.

Sudah melihat harganya kan, kita geser yuk kenapa ASUS ROG Phone 6 ini begitu bernilai.

asus rog phone 6 series

ASUS ROG Phone 6 Series Untuk Investasi Digital

Berbicara soal investasi, tentu teman-teman setuju ya bahwa bentuk investasi tidak hanya berupa uang? Namun investasi juga bisa berupa ilmu, perangkat yang mendukung pekerjaan, dan yang semacamnya.

Sebagai seorang mantan gamers, lalu sekarang menekuni dunia blogging, investasi digital menjadi satu hal yang menjadi prioritas saya saat ini. Apalagi tuntutan brand makin kesini tuh makin banyak. Saat ini blogging selalu satu paket dengan konten media sosial juga.

Akhirnya blogger baru seperti saya harus cepat menyesuaikan dengan permintaan pasar dong. Tidak hanya membutuhkan skill menulis hingga copy writing dan laptop yang memadai. Tapi juga membutuhkan “alat tempur” yang bisa digunakan untuk membuat “konten” dalam bersosial media.

Mengambil gambar yang pas untuk konten sosial media maupun blog, mengambil video untuk kebutuhan reels maupun instagram story, jadilah kebutuhan tersebut menjadi kebutuhan yang sepaket dengan passion menulis saya.

Namun harapan masih tetap menjadi harapan tahun ini. Apalagi setelah handphone milik mertua saya rusak, suami minta izin untuk memberikan handphone saya untuk beliau, dan saya dibelikan handphone baru “untuk sementara”. Sebenarnya sayang banget, karena ada beberapa games di sana yang saya mainkan ketika butuh hiburan. Tapi yaudahdeh.. mertua saya lebih membutuhkan, karena memang beliau ini mobilitasnya tinggi dan butuh handphone sesegera mungkin. Kapan lagi bisa nyenengin mertua, mumpung masih sempat ya kan?

handphone terbaik

InsyaAllah kalau ada rezeki, pasti Allah akan ganti dengan handphone yang lebih keren, lebih gahar, dan lebih cadas untuk menanggung beban kerja yang berat karena digunakan oleh blogger yang suka main game seperti saya. Untuk saat ini, tak ada salahnya untuk menahan keinginan terlebih dahulu, sambil memantapkan hati.

Ada beberapa pilihan yang menarik sebenarnya, namun tetap saja budget belum mencukupi untuk membeli perangkat yang mumpuni.

Namun tak mengapa bukan jika saya menulis keunggulan gadget impian saya di sini?

10 Keunggulan ASUS ROG Phone 6 Series yang Perlu Kamu Tahu

Sebelum membahas keunggulan ASUS ROG Phone 6 Series untuk kehidupan para digital savvy ini kita kenalan singkat dulu yuk dengan ROG dari ASUS.

ROG sendiri merupakan singkatan dari Republic of Gamers (ROG), yakni merupakan sub-merek ASUS yang didedikasikan untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak game terbaik di dunia. Dibentuk pada tahun 2006, ROG menawarkan jajaran lengkap produk inovatif yang dikenal dengan kinerja dan kualitas, termasuk motherboard, kartu grafis, komponen sistem, laptop, desktop, monitor, ponsel pintar, peralatan audio, router, peripheral, dan aksesoris.

ROG berpartisipasi dan mensponsori acara game internasional besar lho! ROG gear juga telah digunakan untuk membuat ratusan rekor overclocking dan terus menjadi pilihan yang disukai para gamer dan penggemar di seluruh dunia. Untuk menjadi salah satu dari mereka yang berani, yuk kita ketahui dulu apa saja fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh ponsel satu ini.

Berikut adalah 11 keunggulan ASUS ROG Phone 6 Series yang menjadi pertimbangan saya ketika mencari “aset digital” untuk pekerjaan sekaligus hiburan:

1. Layar yang Menjangkau Masa Depan

layar amoled asus rog phone 6 series
Untuk visual terbaik, ROG Phone 6 memiliki layar AMOLED 6,78 inci dengan kualitas tampilan yang tidak ada duanya dengan latensi yang sangat rendah. Baik itu untuk game yang sangat tajam atau pemutaran video HDR.

Teman-teman pernah ngga sih melihat layar sejernih mata kita ketika melihat sesuatu? Visualisasi dari indera penglihatan kita seperti tercermin di dalam layar tersebut. Kira-kira begitulah layar yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 6.

Kalau kata lagu lawas, ada pelangi… di matamu~~ karena saking jernihnya mata yang dipandang. Hingga siapapun yang memandangnya, seperti melihat masa depan. Begitulah kira-kira gambaran hebatnya layar dari ASUS ROG Phone 6 Series yang menggunakan layar AMOLED HDR10+ dengan luas 6,78 inci dari Samsung lalu disetel oleh ROG.

Kejernihan dan ketajaman layarnya tentu saja tak perlu dikhawatirkan, karena sudah diproteksi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat serta dilengkapi teknologi Eye Care Display. Sehingga indera penglihatan kita juga akan terlindungi saat menggunakan ponsel ini lebih lama. Entah untuk ngegame maupun editing foto hingga video.

Percaya atau tidak, layar ASUS ROG Phone 6 Series adalah yang tertajam dan tercepat di pasaran lho! Kalau biasanya rata-rata refresh rate ponsel android ada di kisaran 60-90Hz, bahkan untuk ponsel gaming pun hanya di kisaran 120 Hz saja. ASUS ROG Phone 6 lebih dari itu. Karena sudah memiliki refresh rate maksimum 165Hz, touch-sampling rate hingga 720 Hz dan latensi sentuh 23 ms yang menakjubkan.

Ya gimana ngga buas nih ponsel?

Gaming Test Untuk ASUS ROG Phone 6 Series

Dalam gaming test dengan game kelas berat macam Role-playing Game (RPG) seperti Ragnarok misalnya, atau apapun judul game-nya, akan langsung ditaklukkan oleh ASUS ROG Phone 6 Series ini dengan mudah. Bahkan pada setting grafis tertinggi dan frame rate tertinggi 60 fps, serta refresh rate 165Hz, game bisa dimainkan dengan mulus dengan animasi yang smooth bahkan pada pertarungan paling intens sekalipun, tanpa screen tearing yang mengganggu.

ragnarok game
source: dokpri (contoh tampilan game Ragnarok yang membutuhkan setting grafis, frame rate dan refresh rate tertinggi agar game bisa dimainkan dengan mulus dengan animasi yang smooth)

Tidak berhenti di situ, kalau ASUS ROG Phone 6 Series ini diuji dengan memainkan game First Person Shooter (FPS) seperti Modern Combat 5 : Blackout  dan  Call Of Duty: Mobile tanpa AeroActive Cooler 6 selama 60 menit, ASUS ROG Phone 6 Series mampu menghasilkan frame rate 59,39 fps dengan temperatur berada di kisaran 48,10C dan efisiensi daya mencapai 5,88W.

Sementara untuk gameplay selama 30 menit tanpa cooler, menghasilkan 59,55 fps, temperatur 49,30C, dan efisiensi daya 5,97W. Saat dimainkan selama 20 menit tanpa cooler, frame rate mencapai 59,4fps, temperatur bertahan di angka 44,20C, dan efisiensi daya mencapai 5,91W.

Kalau teman-teman adalah pemain game casual seperti Stack, Plant vs Zombies, Super Mario Run, Kitty Collector, Two Dots, Little Inferno, dan yang semacamnya, teman-teman akan merasakan dengan lebih baik dan nyata performa ASUS ROG Phone 6 Series ini. Khususnya game casual dari genre survival atau bahkan multiplayer online casual rhythm game seperti Ayodance Mobile yang butuh fps stabil.

game ayodance
source: bukareview (contoh saat kita memainkan game Ayodance yang butuh fps stabil), bisa dibayangkan gerakannya ngga? Joget dengan fps yang ngga stabil?

Kenapa? Karena berbagai pengujian pada game survival yang dilakukan dengan mengatur permainan pada setting paling maksimal, yaitu ExtremeHD untuk grafis dan ultra-frame rate, dan settingan lain ON (untuk memberikan beban yang besar pada ponsel itu), hasilnya sangat mengagumkan!

Hasilnya pada mode yang intens sekalipun gameplay tetap terasa sangat ringan dan halus. Frame rate-nya juga stabil di angka 60 fps. Saat mulai bertarung, temperatur mulai merangkak naik dan berada di kisaran 37-410C dan ini sama sekali tak mengganggu.

Untuk gamers, tentu saja layar dan grafis seperti inilah yang diidam-idamkan. Untuk battle, war, hingga berburu experience bersama sobat online pun layar kita akan punya keunggulan yang bikin lawan keder! 

visualisasi asus rog phone 6

2. Performa ASUS ROG Phone 6 Series yang Bikin Manja

Tidak hanya layarnya yang visioner, tapi ASUS ROG Phone 6 Series juga didukung oleh performa yang “ganas”, yakni Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform yang membuat performa ASUS ROG Phone 6 SEries jadi jauh lebih baik dan lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Memangnya apa sih kelebihan Snapdragon Snapdragon 8+ Gen 1 yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 6 Series ini? Jadi performanya ditunjang oleh clock speed CPU 3,2 GHz (angka yang jauh lebih cepat). Lalu ditambah dengan kombinasi antara CPU dan GPU Adreno 730 yang dapat menciptakan kinerja CPU dan GPU yang 10 persen lebih tinggi. Lalu efisiensi daya CPUnya pun juga meningkat 30 persen.

Tidak perlu takut juga ketika terjadi bottleneck (kondisi dimana suatu sistem tidak bisa bekerja secara optimal karena terhambat oleh komponen yang kurang sesuai). Karena untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 Series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB lho!

Selain itu teknologi tersebut juga dilengkapi dengan Snapdragon Sight™ terbaru seperti perekaman video HDR 8K untuk meningkatkan videografi smartphone. Nah, kemampuan tersebut mampu menangkap menggunakan format HDR10+ premium yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

monster asus rog phone 6

Jadi tidak hanya menunjang kegiatan teman-teman sebagai gamers, tapi kita juga bisa mengoptimalkannya untuk video konten yang lebih tajam dan no ngeblur-ngeblur deh. Bersyukur banget karena dengan harga yang ekonomis, ROG Phone 6 Series sudah dirancang dari awal untuk menjadi smartphone tercepat di pasarnya.

Ngegames lancar, videografi pun bisa diajak lari kencang! Gimana ngga bikin manja penggunanya coba?

3. Dinginkan Situasi, Main Game Ngga Takut Ngerestart Sendiri

Biasanya handphone akan melakukan restart sendiri ketika kondisinya panas atau OS nya bermasalah. Kalau yang saya alami sih lebih karena handphone panas, lalu ngerestart sendiri. Kondisi tersebut mungkin juga dialami oleh tokoh “King” dalam cerita yang sudah saya tuliskan di atas.

Kondisi gawai yang panas kini tidak usah kita khawatirkan lagi karena ASUS ROG Phone 6 Series mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang tak tertandingi dan konsisten. ROG Phone 6 jadi lebih cool berkat teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System yang mengagumkan.

Sistem pendingin GameCool 6 yang ditingkatkan pada ROG Phone 6 memiliki desain termal optimal yang dapat mendinginkan CPU dari segala arah lho! Adanya GameCool 6 dalam ponsel ini, menjadikan terbentuknya tiga pendekatan berbeda untuk pendinginan yang digunakan untuk meningkatkan stabilitas khususnya untuk game yang menuntut kinerja yang berat.

rancangan baterai asus rog

  • Pertama, senyawa termal Boron Nitrida (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan termal selama sesi permainan singkat.
  • Kedua, ruang uap yang diperbesar dan lembaran grafit yang dapat menghilangkan panas dari sisi lain CPU secara lebih efisien selama tengah sesi permainan.
  • Ketiga, untuk stabilitas jangka panjang, AeroActive Cooler 6 menggabungkan sistem pendingin aktif bertenaga AI, menggunakan elemen pendingin Peltier yang memberikan pendinginan permukaan tambahan dengan kipas yang diposisikan tepat di atas lokasi sistem-on-a-chip (SOC).

ASUS ROG Phone mengerti bahwa selama 15 menit pertama bermain game, tugas terpenting ponsel adalah memastikan bahwa panas dari CPU disalurkan ke semua komponen termal untuk pembuangan.

3.300 miligram senyawa termal BN mentransfer panas dari sisi CPU di seberang ruang uap, menghilangkan panas dari chip jauh lebih efisien, dan memastikan kinerja maksimum CPU dan GPU untuk framerate game yang stabil. Sehingga tidak ada lagi drama handphone ngerestart sendiri karena terlalu panas.

aeroactive cooler ASUS ROG Phone 6

AeroActive Cooler 6 untuk Pembuangan Panas yang Optimal

Ada yang bilang kalau sedang bermain game sebaiknya jangan pakai cashing handphone yang tidak bisa mengalirkan panas. Oleh karena itu kadang ketika bermain games hampir selalu saya melepas cashing handphone agar handphone tidak terlalu panas ketika digunakan.

Salah satu tindakan pencegahan tersebut entah benar atau salah ya, hanya saja kalau dinalar ada benarnya juga hehe.. namun jika menggunakan ASUS ROG Phone 6 Series kita tidak perlu repot-repot seperti itu lagi. Karena ASUS ROG Phone 6 Series memiliki AeroActive Cooler 6 untuk pembuangan panas yang optimal, sehingga panas tidak terjebak di dalam dan akhirnya membuat handphone cepat panas.

AeroActive Cooler 6 hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier, dan semua itu untuk mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU. Teknologi ini akan berkomunikasi dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Sehingga teman-teman akan menikmati kenyamanan dan mobilitas saat memainkan game yang demanding tanpa panas berlebihan di tubuh ponsel.

cooler asus rog phone 6

Aksesoris opsional ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. Pendingin dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, dengan loading game yang berat, Cooler akan menyalakan chip pendinginnya untuk pendinginan yang lebih baik. Jadi ngga perlu khawatir tubuh gawaimu akan cepat panas ketika lagi asyik-asyiknya mau mengalahkan Baphomet.

4. ASUS ROG Phone 6 Punya Fitur Game Genie dan Armory Crate

Siapa yang ngga kesel ketika asyik bermain (apalagi ketika bermain Mobile Legends yang ngga bisa ditinggal meleng sedikit saja), ada panggilan masuk ke handphone kita? Atau bahkan pop-up notifikasi chat maupun aplikasi lain yang sangat mengganggu? Saya sih kesal! Sehingga tidak jarang orang-orang harus memiliki dua ponsel agar ketika bermain games tidak ada yang mengganggunya. Boros sih ya..

Daripada begitu saya lebih memilih ponsel pintar yang punya fitur cerdas seperti ASUS ROG Phone 6 ini. Fitur tersebut adalah Game Genie, yakni dashboard legendaris yang sudah ditingkatkan.

game genie dalam ASUS ROG Phone 6 Series

Adapun salah satu fitur ROG Phone yang paling disukai adalah Armory Crate. Sekarang telah diubah secara besar-besaran dengan tampilan yang lebih keren dan antarmuka yang lebih futuristik, tentu saja dengan gaya visual yang sesuai dengan versi PC. Teman-teman dapat mengatur dan menyesuaikan profil skenario untuk setiap aplikasi, bukan hanya game, selain itu juga untuk menyetel pengaturan kinerja secara individual dan banyak lagi.

armory create

Ada banyak fungsi yang dihadirkan pada Game Genie terbaru, seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mencegah perubahan brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Jadi teman-teman tidak perlu lagi tuh beli dua ponsel, boros! Maksimalkan saja ASUS ROG Phone 6 untuk menemani pekerjaanmu, passionmu, dan membuatmu terhibur dengan game yang kamu mainkan 🙂

5. Punya Baterai ‘Monster’ Untuk Kalahkan Lawanmu

Suka kesel ngga kalau handphone kita punya baterai yang lemah? Dibawa keluar kota, dipakai untuk foto-foto, bikin video dalam kondisi paket data menyala, memutar lagu hingga video di Youtube, ngegame sebentar, eh ngga sampai 5 jam sudah kritis. Akhirnya harus repot banget bawa powerbank kemana-mana. Boro-boro untuk ngegame, mengabadikan momen di perjalanan saja tidak bisa sampai tuntas. Sudahlah ngechargenya lama, habisnya cepet. Saya sih kesal dan sudah lelah dengan drama baterai handphone seperti itu. Hehe..

Untuk pengalaman gaming, tentu saja saya menginginkan handphone dengan kemampuan baterai seperti Baphomet. Monster yang kuat dan butuh waktu yang lama untuk “menghabisinya”, agar permainan bisa kita nikmati dengan maksimal.

Bersyukur banget ASUS ROG Phone 6 memiliki teknologi baterai monster yang berkapasitas 6000 mAh. Berkat baterai monster yang dimiliki oleh ROG Phone 6 itulah ia berhasil masuk ke jajaran flagship dengan baterai terbesar di pasarnya.

baterai asus rog phone 6

Dalam pengujian, saat ASUS ROG Phone 6 ini digunakan untuk skenario berat seperti bermain game, memotret, mengirimkan pesan, memutar video, dan sebagainya dalam kondisi paket data menyala, baterainya mencapai titik kritis setelah 8 jam penggunaan. Bayangkan, 8 jam masih bisa dipakai lho!

Dalam skenario gaming yang intens semacam FPS, dalam pengujian ditemukan bahwa permainan selama 37 menitan akan bertahan tanpa cooler, dan daya baterai mengalami penurunan sekitar 17 persen saja.

Nah, kalau teman-teman menggunakan ponsel ini tanpa ngegame karena sibuk banget dengan aktivitas, baterainya bisa bertahan hingga satu setengah hari dari kondisi full charge! Mau naik gunung dengan mengabadikan setiap momen di penanjakan pun aman 🙂

Teman-teman juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengisian ulang kok. Karena ASUS ROG Phone 6 sudah dilengkapi dengan charger 65W charger yang mendukung Quick Charge 5.0 dan diperkuat teknologi HyperCharge. Melalui kombinasi ini, ponsel bisa diisi penuh dari 0-100 persen hanya dalam waktu 42 menit! Berdasarkan pengujian di ASUS Labs, waktu tersebut lebih cepat 10 menit dari pendahulunya.

Ditinggal mandi, setrika baju, dandan, yes jadi! Baterai monster pun siap beraksi.

ASUS ROG Phone 6 Punya Rancangan Desain Baterai yang Unik

Keunggulan lain dari baterai ASUS ROG Phone 6 ini dilengkapi dengan desain MMT yang unik, karena terdiri dari dua baterai 3000 mAh.

Tentu saja desain tersebut ada artinya, bukan hanya gagah-gagahan belaka. Desain baterai tersebut memiliki beberapa manfaat untuk mendukung kinerja ponsel ketika digunakan. Tidak hanya menurunkan suhu saat pengisian daya, desain ini memungkinkan pengisian daya 65W sehingga pengisian daya jadi lebih cepat.

Penurunan daya saat ponsel memainkan gaming yang berat juga tidak menghasilkan panas yang berarti. Desain baterai dua sel yang dimiliki oleh ROG Phone 6 juga memungkinkan untuk memposisikan motherboard di tengah frame. Hasilnya? Terjadilah keseimbangan berat yang sempurna dan ASUS bisa menanamkan solusi pendinginan yang unggul. Perbaikan lebih lanjut pada desain termal ini telah memungkinkan pengisian yang lebih cepat dari 0 – 100%. ROG Phone 6 bisa terisi penuh dalam 42 menit  (10 menit lebih cepat dibandingkan dengan ROG Phone 5).

Baterai monster banget kan?

6. GameFX Audio yang Terasa Nyata

Tidak jarang ketika saya mendengarkan lagu, entah dari backsound di dalam game maupun dari Playlist saya ikut terharu atau ikut semangat. Kalau teman-teman bermain Ragnarok Online  maupun Ayodance Mobile yang punya fitur wedding di dalamnya, pasti akan kebawa deh dengan suasana dan sound yang disuguhkan.

Terlebih jika kita menggunakan teknologi imersif dari ROG Phone 6 yang mampu mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau simulasi. Sehingga penggunanya pun bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata.

Pengalaman sound di ROG Phone 6 semakin meningkat melalui pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac. Sistem terbaru ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12×16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45.

audio ASUS ROG Phone 6 Series

Bersama dengan pemrosesan sinyal digital terbaik dari Dirac, ASUS ROG Phone 6 Series menghadirkan pengalaman sound yang terasa nyata, jernih, dan kedalaman suara yang lebih baik daripada ponsel lain di pasar. Sehingga kita pun bisa lebih “merasakan” apa yang disampaikan oleh sound yang kita dengarkan.

7. Kontrol Maksimal dengan AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons Untuk Pengalaman Gaming yang Memuaskan

Pemain Ayodance tentu kesal ketika kita merasa sudah mengetuk layar sesuai instruksi untuk mendapatkan nilai “perfect” tapi ternyata hanya sampai nilai “cool” alias biasa saja. Atau pemain Ragnarok Online tentu kesal ketika sensitivitas layar terlalu berlebihan, karena akhirnya monster yang dekat pun “tidak sengaja” kepukul sama senjata kita.

Atau pemain Mobile Legend tentu kesal juga jika titik sentuh yang ada dalam layar ponsel tidak sensitif, jadi ketika menghadapi musuh jari-jari ini harus bekerja ekstra keras.

Itulah yang menjadi salah satu titik vital bagi gamers. Karena gaming tanpa kontrol yang baik hanya menyebabkan frustasi. Ya iya dong, kita kan bermain games punya tujuan untuk menang.

Itulah sebabnya ROG Phone 6 Series sudah diperkuat teknologi AirTrigger 6 terbaru yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Teknologi ini dilengkapi hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang).

Sistem AirTrigger 6 bahkan dapat digunakan di luar game untuk mengaktifkan tindakan atau aplikasi yang membutuhkan gerakan atau sensitivitas tertentu.

Inilah yang menjadi salah satu aspek menarik ketika memainkan game menggunakan ASUS ROG Phone 6 Series ini. Apapun genre gamenya, akan jadi lebih mudah, lebih memuaskan dan mengesankan dengan adanya fitur-fitur pendukung dari ponsel yang satu ini. Salah satunya adalah tombol AirTrigger 6 dengan haptic feedback yang terasa natural.

AirTrigger 6 juga membuat pengguna dapat mapping sampai 14 touch point di layar secara simultan. Ditambah AeroActive Cooler 6, pengguna bisa menambahkan empat tombol fisik lagi. Jadi total ada 18 touch point, belum termasuk yang sudah ada di layar. Adanya semua fitur tambahan ini, dijamin pemain Ragnarok Online akan dengan mudah bisa menaklukkan Baphomet. Pemain Ayodance Mobil akan dengan mudah mendapatkan skor perfect, dan pemain Mobile Legends dan yang semacamnya akan dengan mudah menaklukkan kelompok lawan hingga dapat merebut base.

airtrigger asus rog untuk game moba

Tidak berhenti di situ, karena ada tambahan lagi yakni AirTrigger, yang merupakan fitur Tekan & Kiri yang memungkinkan pengguna untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan yang berbeda saat mengangkat jari dari tombol. Tambahan baru lainnya adalah, sekarang pengguna dapat menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang.

Caranya juga sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu pengguna dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

AirTrigger 6 yang dirancang secara unik ini memberi pengguna ASUS ROG Phone 6 ini memiliki pengalaman kontrol yang melampaui game level konsol! Gimana? Udah berasa masuk ke dunia virtual game-nya kan?

aeroactive cooler 6 asus

8. Kamera Ponsel Gaming Masih Ngeblur? Sudah Bukan Zamannya!

Beberapa gamers mungkin belum mementingkan kualitas kamera yang ada dalam ponsel mereka. Pokoknya buat ngegame lancar aja ya udah. Eh kalau bisa dapat dua-duanya kenapa tidak? Bukankah gamers saat ini akan jauh lebih baik jika memiliki value dan keterampilan untuk membuat konten di media sosialnya?

Meskipun kamera mungkin bukan pertimbangan utama para gamer saat memilih ponsel gaming andalan mereka, tapi ROG Phone 6 Series tetap memberikan pengalaman kamera terbaik dibandingkan ponsel gaming mana pun. Oleh karena itu ASUS ROG Phone 6 Series pun juga bisa dinikmati oleh content creator juga.

ASUS ROG Phone 6 hadir dalam formasi tiga kamera belakang, di mana kamera utamanya terletak di belakang dengan mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini juga menawarkan mode utama 12,5MP dengan menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP.

Kamera ini memungkinkan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Ia akan beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah untuk menangkap cahaya yang cukup. Pengalaman fotografi pun bisa didapatkan melalui ponsel canggih yang satu ini.

Lalu kamera kedua adalah lensa sudut ultra lebar 13MP yang mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time. Sedangkan kamera ketiga adalah lensa makro 5MP. Adapun kamera depan beresolusi 12 MP yang bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung. Kecanggihan yang disuguhkan dalam kamera ASUS ROG Phone 6 Series ini menjadi kamera terbaik dibanding ponsel gaming manapun.

Gaming jalan, pengalaman mengambil obyek diam maupun bergerak menggunakan kamera pun juga tak kalah gahar.

camera asus rog phone 6

9. ASUS ROG Phone 6 Series: The New Legend

Diluncurkannya ASUS ROG Phone 6 Series di Indonesia pada 21 September 2022 kemarin disebut-sebut sebagai inkarnasi sang legenda ponsel gaming yang tak tertandingi di dunia. Kehadirannya pun juga sudah dilengkapi dengan performa yang jauh lebih “ganas dan buas” dibanding pendahulunya.

Saya sudah membahasnya pada delapan poin keunggulan ASUS ROG Phone 6 di atas. Secara keseluruhan bisa kita simpulkan bahwa kehebatan ASUS ROG Phone 6 ini disebabkan perpaduan antara performa Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa, dengan sistem pendinginan terbaru untuk permainan tanpa batas, ditambah dengan layar 165Hz untuk visualisasi yang revolusioner, dan baterai besar 6.000mAh untuk gameplay lebih lama kapan saja dan di mana saja.

asus rog phone 6 series

ROG Phone 6 standar tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black. Sementara ROG Phone 6 Pro tersedia dalam warna tunggal Storm White dengan layar AMOLED ROG Vision di bagian belakang yang mengagumkan.

ROG Vision di layar OLED 2 inci ini menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario, seperti: panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan sebagainya. Duh bikin jatuh cinta!

Layar AMOLED bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan atau disesuaikan tampilannya sesuai selera dan style pengguna lho! Pengguna bisa memilih animasi tertentu untuk menggambarkan skenario tertentu, seperti Mode X, layar aktif, panggilan masuk, dan lainnya. ASUS juga sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro dan kalau belum cukup, kamu bisa mengunduh lebih banyak atau membuat animasi sendiri di editor ROG Vision.

10. Hadirkan Karakter Game Kesukaan di Layar Ponselmu

Karena ASUS ROG Phone begitu memahami bahwa para gamers biasanya menggunakan karakter dari game favorit yang mereka mainkan untuk mewujudkan masing-masing gaya mereka, hadirlah paket tema animasi yang khusus dirancang untuk pengguna ASUS ROG Phone 6.

ASUS ROG Phone telah bekerjasama dengan beberapa judul game paling populer untuk mengubah ROG Phone 6 milikmu menjadi ponsel yang benar-benar unik dan mewakili gaya masing-masing penggunanya. Keren banget! Hiks..

trend evolved dalam ASUS ROG Phone 6 Series

Mungkin masih ada beberapa fitur dan keunggulan yang belum saya sebutkan selain dari 10 poin di atas. Setelah kelak saya bisa mendapatkannya, saya akan menambahkan beberapa fitur dan keunggulan yang mungkin bisa saya rasakan setelah memakainya ya!

Nah, buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

asus rog phone 6 series

Yuk segera amankan ponsel gaming idaman ini sebelum musuh mengalahkanmu! Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah insight untuk teman-teman, ya!

 

Referensi:

https://rog.asus.com/event/rog-phone-6/id/

https://www.travelerien.com/2022/10/asus-rog-phone-6-blog-writing-competition.html

gizmologi.id

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien 

24 thoughts on “Ganasnya ASUS ROG Phone 6 Series Taklukkan Baphomet di Rune Midgard”

  1. OMG ASUS ROG Phone 6 asyik banget buat maen game nih. Gak akan drama lagi maen hapenya restart sendiri. Baterainya juga 6000 mAh buset idaman banget

  2. Dulu itu, hape dirancang khusus untuk komunikasi ya, Mbak. lalu pendukung pekerjaan. Sekarang seiring perkembangan game online, hape pun disesuaikan. Jadi lebih asyik main gamenya, karena semua sudha diperhatikan. Misalnya, soal ketahanan batterai juga agar tidak tidak cepat panas.

  3. no way! in ROG memang aslik keren bingits. kemarenan ada eventnya loh di Bali, tapi nggak bisa ikutan aku tuh, sebab flu, huhu..

    keknya ini bakal jadi ponsel incaran paksu deh yg hobi ngegame 🤩

  4. nggak seru banget dah kalo lagi main game, tiba-tiba ngelag. mood jadi menurun. penting banget sih untuk milih hape yang andal secara performa dan juga display. contohnya kayak ASUS ROG Phone 6 ini yang memang khusus ponsel gaming…

  5. Game online itu kayak bikin dunia lain selain dunia nyata ya. Tapi uniknya malah dapat temen dari online tersebut. Ragnarok kayaknya game dari udah lama, dulu menjamur banget…
    Sekarang malah bisa dimainkan pakai ponsel….

  6. Sebuah inovasi baru dari ASUS nih, ASUS ROG PHONE 6 Series. Lihat spesifikasinya mantab banget, nih Kak. Pastinya kan jadi favorit bagi pecinta Games. Selain buat gamers, pastinya tetap cocok buat yang suka online, dengan kapasitas baterai yang mumpuni, seperti bagi content creator. Akan makin lebih produktif jadinya

  7. Aku pernah sih. Okelah. Game Ragnarok itu emang berat. Tapi coba. Hapeku bisa nge restart sendiri pas main mobile legends. Duh, mana pas lagi di tengah pertempuran. Yo habis lah kena bantai musuh.

    Emang main game tuh butuh gawai yang mumpuni. Macem ASUS Rog Phone 6 Series ini.

  8. dari awal peluncurannya ROG Phone sudah menjadi hp yang over power,, nah sekarang dengan segudang fitur yang ditawarkan ROG Phone 6 bukan tidak mungkin bakal menyabet lagi gelar hp gaming terbaik terbaik untuk tahun ini

  9. Baterainya ini daku suka. Apalagi bisa tahan satu setengah hari, itu wow banget. Sangat mendukung sih ya buat dibawa bepergian tanpa khawatir kalau gak bawa colokan

  10. ya ampun aku mupeng lhooo meski aku bukan ‘player’ hehe.. pengen juga ih punya yang canggih-canggih gini ya, asus emang mantap, keren mbak artikelnya 🙂

  11. Baca artikel ini bikin ngakak pas mau nebas kepala Baphomet, eh hape error. Ini mah kacau banget :)) Aku jadi bernostalgia ke masa lalu nih. Ragnarok, Ayodance, dua game yang gak pernah lepas dari keseharian di masa lalu. Dan untuk main game nyaman ya emang butuh banget perangkat mumpuni. Nah ASUS ROG phone 6 ini memang oke banget spesifikasinya untuk main game ya

  12. Mbak Jiii aku ingin ASUS ROG Phone 6 meski main gamenya yang lain ehehe. Soalnya kzl bet beberapa hari lalu lagi main game eh hapenya ngelag dan keluar sendiri 🙁 Itu harganya 11 juta kurang seribu tapi emang worth it sih sama spek yang ditawarkan.

  13. Tentu ingin punya perangkat yang specnya bisa nyesuain dengan hobi kita ya kak. Wah, keren banget ada ASUS ROG Phone 6 Series, bisa makin betah main gamenya. hehehe jadi inget adik. Pantesan kalau kalah main kayak yg sedih banget

  14. ASUS ROG Phone 6 Series beneran kece dan cakep banget buat maen game ya kak, spesifikasinya mumpuni dan support banyak games dong. Para gamer kudu punya dan langsung cobain sendiri sensasinya hehehe

  15. Dirumah yang suka ngegame suami dan anak2, emaknya blas sama sekali. Nah memang bener investasi hp penting bagi blogger youtuber dkk yg berkutat dengan dunia online.

    Hp yg memiliki.fitur bagus bisa buat apa ajaa selain games bisa juga untuk mengerjakan tugas2 kantor

  16. Aku yang nggak biasa nge-game, planga-plongo baca artikel awalnya. Ku fikir cerita novel Ternyata cerita game wkwk.. Yang suka game, wajib banget ngelirik di ASUS ROG Phone 6 Series ini nih.

Leave a Comment